MLM Syariah terbaru
Credit by http://agneta.org


Pemasaran Jaringan - Bicara soal Bisnis MLM itu saya ibaratkan menanam benih pohon yang sangat kecil bahkan belum tumbuh.

Anda berharap dan bermimpi benih pohon ini akan menjadi pohon yang sangat besar. Dimana puluhan burung-burung hinggap di pohon ini. Dan setiap musimnya pohon ini akan berbuah lebat. Keluarga anda, dan anak-cucu anda akan memetik buah dari pohon ini sampai habis buahnya. Tapi ketika habis buahnya, anda tidak khawatir. Karena pohon ini akan kembali berbuah, dan keluarga anda akan puas makan dari pohon itu. Demikian seterusnya sepanjang masa. Dengan impian itu, anda mulai menanam.

Maka anda mulai membenamkan sebuah benih ke dalam tanah….

Ketika anda menanam benih itu, belum ada yang dapat anda petik daripadanya. Benih itu bukan saja belum berbuah, bahkan daun dan akarnya pun belum nampak.

Setiap hari anda menyiram benih ini, dan anda rajin memberi makan dengan pupuk…

Walau belum berbuah, anda tetap terus berharap. Benih ini masih makan dari pupuk yang anda sebar, dan dari air yang anda siram. Tanpa bantuan anda, benih ini akan mati.

Anda dengan sabar menunggu hari-demi-hari. Dan benih itu mengeluarkan dua pucuk daunnya yang kecil.

Baru ada dua pucuk daun keluar dari tanah. Anda tidak berharap benih ini akan mengeluarkan buah. Anda masih sabar, dan terus menyiram dan memberi pupuk.

Sekarang mulai ada ayam-ayam dan bebek-bebek yang mengganggu. Perjalanan unggas-unggas ini bisa membuat benih mudah ini mati. Maka anda membuat pagar di sekeliling benih muda ini, agar tidak mati terinjak-injak.

Setelah bulan lewat bulan, pohon kecil mulai meninggi. Walau belum ada buah, anda masih sabar dan melarang anak-cucu anda memanjat pohon kecil ini agar tidak mati. Sekarang akar pohon ini mulai melebar dan melebar, pohon ini mulai mencari makan dan minum sendiri dari tanah di bawahnya.

Baca: Trend Bisnis Bulan Ramadhan

Akhirnya masa yang dinanti berlalu. Pohon sudah tinggi, dan akarnya sudah kuat menancap di dalam bumi. Dia tidak perlu diberi makan dan tidak perlu diberi minum. Tunggulah pohon ini mulai berbuah, maka dia akan memberi anda buahnya setiap musim. Dan ketika buahnya habis, janganlah khawatir, karena dia akan berbuah pula di musim depan. Suatu ketika anda akan berpulang, namun pohon ini akan menjadi warisan anda dan akan terus berbuah setiap musim untuk dimakan anak dan cucu anda.

DEMIKIAN PULA BISNIS MLM 

Ketika anda mulai membangun bisnis ini, sama dengan membenamkan satu benih ke dalam tanah…

Satu dua orang bergabung menjadi downline di jaringan anda. Jangan berharap apa-apa, masih memerlukan waktu lama sebelum jaringan anda berbuah.

Jaringan muda ini memerlukan makan dan minum dari tangan anda. Anda yang harus memotivasi, menggerakkan dan mengajar mereka. Biarkan downline-downline muda ini belajar dari melihat dan meneladani anda setiap hari.

Jangan membunuh jaringan ini. Dengan membiarkan jaringan muda ini berjalan sendiri, maka anda mirip dengan membunuh benih di dalam tanah. Teruslah merawat dengan tangan anda, jangan berharap apa-apa dulu daripadanya.

Maka bulan lewat bulan jaringan anda mulai besar. Akan ada ’ayam’, ’bebek’ dan bahkan ’anak-cucu’ anda mengganggu benih jaringan ini. Lindungi mereka, jaga mereka agar fokus dan jangan tergiur oleh godaan-godaan naif di luar. Berjuanglah terus agar jaringan muda ini tidak mati di tengah jalan. Jaringan ini milik anda, maka andalah yang menjaganya siang dan malam. 

Baca juga: Bisnis lewat HP Mudah bersama PayTren Yusuf Mansur

Dan masapun tiba…

Jaringan anda sudah kokoh. Jaringan anda sudah mengakar jauh ke kota-kota lain. Mereka tidak perlu diberi makan dan minum dari tangan anda. Anda tidak mengenal mereka ketika anggota-anggota baru bergabung masuk tiap hari di jaringan anda.

Ini bagaikan akar pohon yang menjalar jauh ke dalam tanah dan mungkin masuk melewati pagar ke luar wilayah anda. Jaringan anda sudah bisa mencari makan dan minum sendiri. Saatnya anda menerima bonus yang melebih impian anda seumur hidup. Nikmatilah kerja keras anda, pohon jaringan anda sudah besar. Impian anda sudah terwujud.

Ketika andapun harus berpulang, jaringan ini masih akan tetap anda dan menjadi warisan anda untuk anak-dan-cucu

Mereka akan berterimakasih selama-lamanya kepada anda.

Atas kesabaran anda…

Atas kegigihan anda…

Atas niat anda untuk tidak mau gagal di tengah jalan….

Anda sudah berhasil, pohon jaringan anda menjadi milik keluarga anda selamanya.

Selamat berjuang di MLM, gunakan hati yang bersih ketika mulai menanam jaringan anda.