Kunyit
Kunyit
PemasaranJaringan.com - Dalam bahasa latin, kunyit yang dikenal sebagai Curcuma domestica, Vhal. Merupakan suku tumbuhan atau Familia dari Zingiberaceae merupakan tunbuhan atau rempah rempah yang berasal dari India. Kunyit ini memiliki nama panggilan yang berbeda ditiap daerah contohnya Saffron (inggris), Kurkuma (Belanda), Koneng (Sunda), Kunir (Jawa), Konyet (Madura). 


Kunyit dapat tumbuh hampir diseluruh pulau jawa. Selain itu biasanya juga tumbuh liar disekitar semak semak hutan jati. Namun dengan banyaknya permntaan akan kebutuhan makanya kunyit sekarang banyak dibudidayakan menjadi tumbuhan terna. 



Ciri - ciri Tumbuhan Kunyit



Tumbuhan Kunyit

Bisa kita lihat daunnya mirip seperti daun pisang hanya saja ukurannya lebih kecil. Jadinya kaya tumbuhan jenis pisang - pisangan.
Daunnya berwarna hijau
Batang dan helaian daunnya berbentuk bulat telur
Luar kunyitnya berwarna coklat kejinggaan
dan dalamnya sendiri berwarna kuning, merah, jingga


Jenis - Jenis Tanaman Kunyit



1. Kunyit Kuning

manfaat kunyit putih
Kunyit Kuning


Merupakan kunyit yang sering sekali dipergunakan dan mudah dijumpai. Kunyit ini pulalah yang biasa dijadikan sebagai bahan bumbu masakan untuk menambah rasa khas pada masakan. Contohnya saja kuning ini sering dipakai untuk membuat nasi kuning yang khas dan enak sekali rasanya.




2. Kunyit Putih


manfaat kunyit putih
Kunyit Putih


Kunyit putih ini umumnya memilki daging yang berwarna putih. Maka dari itulah sering disebut sebagai kunyit putih. Kunyit putih tidak termasuk kedalam keturunan curcumae karena memiliki warna yang putih. Maka dari itu ciri khasnya berwarna putih dan transparan. Kunyit putih sering juga disebut sebagai temu rapet atau temu putri. Temukan juga manfaat dari Kunyit Putih untuk mengatasi penyakit kanker.





3. Kunyit Merah


Kunyit Merah
Kunyit Merah


Sebenarnya kunyit merah hampir sama dengan kunyit kuning hanya saja warnanya lenig kemerah merahan. Kunyit ini juga biasa dipakai sebagai bumbu dapur. dan dapat mengobati berbagai penyakit baik ringan ataupun berat.




4. Kunyit Hitam


Kunyit Hitam


Kunyit hitam merupakan salah satu tumbuhan yang sangat langka sekali sehingga sangat sulit untuk mencari saat ini. Kunyit ini sangat banyak sekali peminatnya karena bisa mengobati kista dan juga bisa membuat kita menjadi awet muda. Nah kunyit satu ini tuh biasanya sering dikait - kaitkan dengan hal mistik. Kunyit hitam pada dasarnya memiliki bentuk yang sama seperti kunyit pada umumnya hanya saja daginggnya berwarna biru kehitaman atau ungu kehitaman.



Tanaman Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehantan  dan kecantikan. Selengkapnya simak Manfaat Kunyit