peluang bisnis online terbaik

Pemasaran Jaringan | Segera Mulai Bisnis Online Anda SekarangTeknologi internet diciptakan pertama kali oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk kepentingan militernya pada tahun 1969. Seiring perubahan zaman, internet semakin meluas fungsinya sehingga dapat dipergunakan berbagai lapisan masyarakat. Kehadiran internet berdampak pada perubahan signifikan kehidupan manusia diberbagai sektor, tak terkecuali sektor bisnis.


Keuntungan Bisnis Online


1. Modal Kecil
Modal bukan satuatu alasan memulai suatu usaha. Bisnis online cenderung memerukan sedikit biaya bahkan boleh dikatakan gratis hanya perlu koneksi internet saja cukup. 

2. Kapan dan Dimana Saja
Bisnis ini tak mengenal waktu yang artinya bisa dilakukan kapan saja di mana saja di waktu luang, walau ada saja sebagian orang menjadikan usaha online sebagai pekerjaan utama mereka. 

3. Tidak Memerlukan Tempat
Tidak seperti model usaha konvensional yang mebutuhkn ruko, lapak, kantor sebagai tempat usahanya maka bisnis ini tanpa sarana tersebutpun sudah bisa dijalankan. 

4. Anda Boss dari Bisnis Anda Sendiri
Dengan menjalankan bisnis via internet, artinya Anda berpeluang menjadi boss bagi diri sendiri. Maju mundur usaha terletak pada kemahiran mengelola sebuah bisnis layaknya perusahaan besar.

Sekarang saatnya memulai bisnis online bagi kesuksesan Anda sendiri. Bagi yang sudah menjalankan bisnis sebelumnya pun tak perlu meninggalkan bidang usaha yang tengah berjalan sebelumnya. Justru sebaliknya, bisa mengembangkan usaha menuju tingkat lebih tingga memanfaatkan teknologi internet ini. Harapannya tentu saja hasil yang jauh lebih menguntungkan

Analisa Peluang Bisnis Online Terbaik Sepanjang Masa


Beberapa penelitian menyatakan bahwa suatu negara bisa dikatakan  maju secara ekonomi ketika memiliki banyak wirausahawan atau pengusaha di dalamnya.  Setidaknya negara tersebut memiliki 3% dari total penduduk untuk bisa dikatakan ideal sebagai negara maju. Hanya saja di Indonesia saat ini belum mampu sampai ke tarap sana, pengusaha kita baru berada pada kisaran 1,7% dari keseluruhan penduduknya. Sementara itu negara tetangga seperti Brunei, Malaysia, Thailand serta negara lainnya sudah berada di depan yakni memiliki pengusaha diatas 5%. 

Kaum muda-mudi Indonesia sebenarnya sangat mengharapkan menjadi pengusaha, wirausahawan sukses, karena memang cara berpikir anak muda masih sangat idealis tak terkecuali di bidang bisnis. Pada kenyataannya dilapangan tidak demikian, sebab masih banyak pemuda kesulitan saat akan memulai merintis sebuah usaha, mengingat resiko besar yang harus ditanggung mulai dari resiko gagal, rugi besar, bahkan cenderung mengurungkan niat mereka lalu memilih menjadi pekerja di kantoran sebagai karyawan saja.

Rasa takut gagal memang salah satu alasan realistis saat akan berbisnis, menjadi pengusaha. Tapi kesuksesan tanpa resiko itu sama saja dengan menghayal, berangan-angan semata. Kesuksesan sejatinya berawal dari kegagalan-kegagalan tersebut setelah diiringan berbagai tindakan evaluasi. Ada pepatah yang mengatakan "tidak ada pertumbuhan di zona nyaman, dan tidak ada kenyamanan dalam zona pertumbuhan." Oleh karenanya tetaplah tumbuh tanpa takut gagal, karena memang kesuksesan adalah suatu pencapaian yang harus dibayar mahal, tapi kesuksesan itu pun sepadan dengan proses terobang-ambing badai cobaan saat melalui.

Artikel tentang bisnis online ini sengaja dihadirkan untuk Anda agar mampu merealisasikan keinginan menjadi pengusaha sukses berbagai bidang usaha terutama bisnis mengadalkan jaringan internet (online business). Memulai sebuah usaha menjadi pengusaha tak melulu berbicara urusan modal. Malah sebaliknya pada kesempatan ini Pemasaran Jeringan mengulas jenis peluang usaha nyaris tanpa modal, hanya dibutuhkan ketekunan serta konsisten menjalankannya. Model bisnis apa sajakah? Mari kita simak bersama 15 Bisnis Online Terbaru Paling Potensial cukup prospektif berikut ini;

1. Jual Beli Online Menggunakan Sistem Dropship

Bisnis menjual produk online menggunakan media sosial sebagai sarana promosinya bisa diandalkan ketika hendak memulai usaha tanpa banyak mengelurkan modal bahkan denderung gratis. Disamping modalnya minim, jenis bisnis online ini juga tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda, atau boleh dikatakan sebagai bisnis sampingan namun menguntungkan. Sebagai contoh menggunakan Facebook sebagai sarana memasarkan produk orang lain tersebut, dengan menampilkan foto-foto produk terbaik disana. Berbagi update review produk tersebut kepada teman-teman guna menjaring pembeli. Media Twitter dan Istagram juga bisa digunakan untuk menwarkan produk dropship sehingga menjangkau calon pembeli lebih banyak lagi.

Sistem dropship cocok dijalankan oleh pelaku bisnis online pemula, karena Anda sebagai pedagang tidak memerlukan produk untuk dijual, bahkan tanpa harus menyimpan dagangan sebelum pembeli menghubungi Anda. Jadi lebih praktis, tanpa modal, dan tanpa risiko. Hanya butuh ketekunan dan keahlian dalam memasarkan produk. Alur kerjanya adalah ketika seseorang memesan produk dari toko Anda, kemudian pesanan tersebut diproses ke pihak supplier. Supplier inilah yang akan langsung mengirimkan barang tersebut atas nama toko Anda. Untuk skala kecil, lebih banyak juga yang mengenal sistem ini sebagai reseller.

Keuntungan sistem bisnis dropship selain tanpa modal, tanpa stok barang, cukup memiliki koneksi internet saja maka sudah bisa berbisnis. Meskipun demikian bukan berarti bisnis online sistem dropship tanpa resiko sama sekali, tetap saja terdapat keurangan yang tentunya harus diketahui sebelum memutuskan menjalakan jualan online sebagai dropshiper. 

Kekurangannya itu terletak pada nilai keuntungan (margin) cenderung lebih kecil sebab bukan dari produsen langsung melaikan telah melalui berbagai reseller. Kekurangan lainnya yakni tidak bisa memeriksa kualitas produk secara langsung sebelum dijual kepada pembeli karena memang pengiriman akan dilakukan oleh pemilik barangnya tadi. Hal tersebut setidaknya membuat was-was karena takut mengecewakan pelanggan.

Selain mudah dan murah, memulai usaha sebagai dropshiper bisa menjadi pilihan merintis karis sebagai pengusaha online. Ketekunan serta fokus memasarkan produk secara konsisten bisa menjadi pembuka awal jalan usaha. Jejaring sosial sangat direkomendasikan saat menjalakan model usaha dropship sebab lebih praktis tanpa memerlukan lapak sama sekali.

2. Bisnis Online di Blog Pribadi

Setelah menyimak peluang bisnis dropship di atas, sebaiknya kembangkan usaha melalui blog pribadi untuk mendapatkan hasil lebih besar. Tidak ada dalahnya membuat blog pribadi sebagai sarana berjualan online, guna meningkatkan kepercayaan pelanggan sekaligus memperbaiki reputasi terhadap branding produk Anda. Hal tersebut dilakukan sebagai penunjang aktivitas jual beli via media sosial Facebook, Twitter, Instagram seperti penjelasan diatas.

Lalu, apa saja sih keuntungan tambahan jika menggunakan website/blog prbadi sebagai sarana bisnis online?. Profesionalitas akan tercipta dengan sendirinya ketika berjualan menggunakan website sendiri. Tingkat kepercayaan calon pembelipun semakin meningkat, maka secara otomatis meningkatkan keuntungan lebih besar daripada sekedar berjualan melalui akun gratisan.

Jika Anda mampu membuatnya sendiri maka platform wordpress bisa menjadi salah satu pilihan dasar pembuatan website jualannya. Namun jika dirasa tidak ada waktu maka solusinya adalah menyerahkan pengerjaannya kepada pihak ahli dibidang blogging atau webmaster, bisa memnta bantuan teman, bisa pula diresahkan langsung kepada penyedia jasa pembuatan website/blog terpercaya di sekitar Anda.

3. Model Bisnis Afiliasi

Bagi pemilik website dengan traffic pengunjung yang tinggi, model bisnis afiliasi juga layak Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Model bisnis ini dikenal dengan istilah affiliate marketing yaitu memasarkan atau mempromosikan produk milik orang lain. Ketika nantinya ada pembeli yang membeli produk itu melalui Anda atau atas saran Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari pembelian tersebut.

Sistem kerja bisnis afiliasi ini kurang lebih memiliki tiga tahap. Pertama, pada awalnya Anda selaku pemilik website melakukan registrasi ke penyedia program afiliasi, penyedia program afiliasi ini juga memiliki website yang mempunyai produk dan dijual secara online. Kedua, jika disetujui, pemilik website akan mendapatkan kode afiliasi dari penyedia program, dan kode tersebut bisa dipasang di website yang akan memunculkan iklan. Ketiga, jika pembaca website membeli produk dari referensi web Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penyedia program afiliasi tersebut.

Keuntungan dari program ini adalah memberikan komisi jauh lebih besar dibandingkan hanya menayangkan iklan dalam website Anda. Akan tetapi, untuk menggiring pengunjung web agar mau membeli produk jauh lebih sulit dibandingkan membuat pengunjung mengakses atau meng-klik iklan yang ditayangkan. Kemudian, kekurangan lainnya adalah minimnya penyedia program afiliasi dari web lokal yang tepercaya. Apabila website yang Anda bangun menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar, maka kesempatan terbuka lebih lebar, walaupun kendalanya tentu jauh lebih susah membujuk pembaca membeli produk dengan bahasa Inggris pula.

4. Mebuka Kursus Digital

Jaman sudah semakin canggih, betul?. Sekarang ilmu pengetahuan bisa dibeli dalam bentuk produk digital seperti Video, E-Book, PDF dan sejenisnya. Sudah menjadi hukum alam, produk laku dipasanan ketika produknya itu langka, unik, menarik dan bermanfaat. Sebagai contohnya e-book tentang bagaimana Belajar Internet Marketing untuk Pemula dilengkapi langkah-langkah praktis dari pebisnis sukses atau bisa berbentuk Video Cara Mudah Mahir Berbahasa Inggris, menampilkan seorang bule yang tengah memberikan materi palatihan. Kursus seperti ini dibutuhkan oleh masyarakat yang cenderung semakin sibuk. Video dan ebook tersebut akhirnya menjadi solusi bagi pemenuhan kebutuhan, sehingga tak heran ini bisa dijadikan lahan bisnis online segar.

5. Jual Beli Domain

Dari sisi SEO, domain yang sesuai dengan jenis produk sangat membantu memudahkan proses pencarian dalam search engine. Salah satu bidang bisnis yang lahir dari sini adalah jual beli nama domain. Banyak transaksi bisnis ini di forum dalam dan luar negeri seperti ads.id atau forumsdigitalpoint.com. Seperti apa konsep transaksinya? Kolektor domain yang terjun dalam bisnis ini mencari ide dalam bentuk daftar nama domain sebanyak mungkin. Kemudian pilih yang berpotensi punya prospek bagus. Setelah itu pasarkan nama domain tersebut dengan sistem lelang. Nama domain yang bagus bisa dihargai mulai dari $500 sampai $100,000 bahkan lebih.

6. Menjadi Konten Kreator Youtub (YouTuber)

Youtube mengalami lesatan mengejutkan sejak pertama kali rilis pada tahun 2005, dan semakin kesini semakin populer setelah melahirkan artis-artis terkenal. Youtube membuka kesempatan semua orang untuk bisa menjadi terkenal bahkan menjadi artis dan selebriti seperti yang sudah-sudah tidak sebatas bagi penguasa panggung hiburan semata. Karena itulah Anda bisa menjadi bagian didalamnya dengan ikut andil menjadi YouTuber, konten kreator YouTube.

Bagaimana seorang youtuber mendapat penghasilan? Penghasilan utama dari video Youtube adalah Google Adsense. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja membuat akun Youtube itu sendiri. Dengan mendaftar, kini Anda memiliki channel sendiri. Unggah video-video menarik buatan Anda, yang bisa berupa video tutorial, video berita, video komedi, dan lain sebagainya dan tingkatkan terus jumlah penonton dengan mengunggah tayangan bermutu. Setelah itu, barulah daftarkan diri Anda pada Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan dari channel Anda.


Dengan mendatangkan semakin banyak penonton, akan semakin banyak pula perusahaan yang menginginkan iklan produknya tampil pada video. Dengan semakin banyaknya iklan tanyang maka semakin besar pula klik sebagai sumber penghasilannya.

7. Menjadi Blogger (Ngeblog)

Aktifitas blogging merupakan kegiatan menulis membahas hal-hal menarik dan bermanfaat di blog yang pada awalnya hanya bertujuan sebagai hobi semata. Tapi siapa sangka dari kegiatan tersebut dapat menghasilkan uang yang jumlahnya tidak sedikit. Para blogger bisa mendapatkan keuntungan dari blog yang mereka buat dengan bekerja sama dengan pengiklan. Penghasilan yang didapat dari publisher iklan ini bisa sangat menarik. Pelakunya bisa menghaslkan mulai dari ratusan dollar hingga puluhan ribu dollar per bulan dari kegiatannya.

Salah satu penyedia sistem publisher iklan adalah Google dengan produk yang terkenal yaitu Google AdSense. Google AdSense menyediakan cara bagi pemilik situs web untuk mendapatkan uang dari konten online mereka. AdSense bekerja dengan mencocokkan iklan teks dan iklan bergambar dengan situs Anda berdasarkan konten dan pengunjung. Iklan tersebut dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk mereka. Karena para pengiklan membayar iklan yang berbeda dengan harga berbeda, maka jumlah yang Anda peroleh tidak akan sama.

Cara Kerja Google Adsense:

Pertama, Anda menyediakan ruang iklan situs web dengan menempelkan kode iklan di situs dan memilih lokasi untuk menampilkan iklan. 
Kedua, Pengiklan akan menawar agar ditampilkan dalam ruang iklan Anda di pelelangan waktu nyata. Iklan yang membayar paling tinggi akan ditampilkan di situs Anda. 
Ketiga, Kami menangani proses penagihan semua pengiklan dan jaringan untuk iklan di situs Anda, guna memastikan Anda menerima pembayaran tersebut.

Pemilik website hanya perlu fokus pada usahanya dalam menampilkan website sebaik mungkin supaya tetap berkualitas dan dapat meningkatkan pengunjung setiap harinya. Penghasilan bulanan telah disiapkan Google untuk dikirim kepada Anda sebagai kompensasinya. Minat menjadi blogger?

8. Menjadi Penulis Lepas (Freelancer Writer)

Melihat perkembangan teknologi era informasi seperti sekarang bisnis bidang jasa sendiri ternyata banyak dibutuhkan oleh para pelaku bisnsi online, seperti salah satunya adalah permintaan pemenuhan konten pada berbagai situs website. Tak sedikit pemilik situs website telah terbiasa mencari penulis lepas untuk mengisi konten web atau blog mereka. Biasanya mereka membeli konten berbentuk artikel 500-3000 kata.

Kemampuan menulis setiap freelance writer dibedakan berdasarkan pengalaman serta kemampuan membuat artikelnya. Seperti namanya, penulis pemula adalah penulis yang belum punya nama dan biasanya dibayar rendah berdasarkan jumlah kata. Pada umumnya tarif penulis pemula berada dikisaran Rp. 14.000 per 500 kata Bahasa Indonesia atau sekitar Rp. 30.000 jika artikel berbahasa Inggris.

Penulis lepas tingkat mahir, biasanya mereka adalah penulis dengan kemampuan tinggi berkat jam terbangnya yang telah lama malang melintang di dunia kepenulisan. Penulis tingkat mahir tak tanggung-tanggung saat memasang tarif atas jasanya yakni sebesar $75-$100 per artikel. Cukup besar bukan? 

Bagi mereka yang berpikir kreatif dan cerdas membaca peluang, content marketing dipercayai sebagai salah satu metode pemasaran online terbaik. Beberapa yang tidak melakukan metode ini karena mereka tidak ada waktu atau tidak mampu membuatnya. Bukankah uraian hasil survei tersebut memberi ide brilian mengenai peluang usaha yang cukup prospektif sebagai konten kreator? Segera ambil bagian Anda dalam pembuatan konten website. Tertarik mencoba bisnis jasa ini?

9. Menjadi Copywriter

Di era digital ini, dalam keseharian seolah kita dikepung oleh jutaan iklan dari berbagai penjuru secara terus menerus. Apa yang kita lihat dan dengar setiap saat adalah ulah kreatif dari seorang copywriter. Peluang bisnis copywriter ini terus berkembang seiring semakin banyaknya iklan media online. Copywriter-lah yang memberikan andil dalam mempengaruhi pola pikir orang lain agar melakukan atau membeli sesuatu yang kita inginkan melalui tulisan.

Deskripsi pekerjaan seorang copywriter cukup luas yang meliputi penulisan teks dalam iklan dengan bahasa yang menarik pembaca untuk membeli sebuah produk atau jasa yang ditawarkan pada iklan tersebut. Mereka juga menulis teks di landing page atau halaman penjualan dengan tujuan menggaet pelanggan baru.

10. Jual Beli Website

Melihat perkembangan teknologi era informasi seperti sekarang bisnis bidang jasa sendiri ternyata banyak dibutuhkan oleh para pelaku bisnsi online, seperti salah satunya adalah permintaan pemenuhan konten pada berbagai situs website. Tak sedikit pemilik situs website telah terbiasa mencari penulis lepas untuk mengisi konten web atau blog mereka. Biasanya mereka membeli konten berbentuk artikel 500-3000 kata.

11. Layanan Jasa SEO

Google sebagai mesin pencari paling populer saat ini kian membuat bisnis layanan Search Engine Optimization (SEO) makin diperhitungkan. Jasa ini membantu pelaku pebisnis online dalam mendapatkan kunjungan tinggi terhadap situs mereka. Kunci kesuksesan bisnis online adalah banyaknya pengunjung. Cara kerja dari layanan jasa SEO adalah dengan cara melakukan optimasi situs website dan blog agar mudah terindex serta mudah dicari pada mesin pencarian.

Perkembangan bisnis online yang pesat dan orientasi pemilik usaha lebih ke fokus produk dan layanan yang ingin dijual membuat para pelaku bisnis tersebut sedikit menelantarkan aspek penting ini. Maka dari itu, penyedia jasa SEO menjadi sangat dibutuhkan. Keahlian yang dibutuhkan sebagai penyedia jasa SEO antara lain; riset kata kunci, content marketing, optimasi website, bahasa pemrograman, link bulding, dan juga analisa data kompetitor menggunakan berbagai parameter.

12. Jasa Pemasaran Media Sosial (SMM)

Social Media Marketing (SMM) merupakan salah satu terobosan di era SEO modern belakangan ini. Tujuannya demi mengkombinasikan model promosi dari berbagai aspek termasuk jejaring sosial. Bidang jasa sosial media marketing juga belum begitu banyak penyedia jasa profesional sehingga masih terbuka lebar peluang untuk Anda. Berbagai pekerjaan di lakukan oleh seorang social media marketer, mulai dari membuat dan membagikan konten, berinteraksi dengan fans/follower, membangun kesadaran brand, serta meningkatkan pengunjung ke website melalui media sosial.

13. Jasa Periklanan Digital

Digital Advertising – Produk yang dijual melalui media online memeiliki peluang jangkauan jauh lebih luas jika dibandingkan dengan produk jualan di toko-toko konvensional. Maka jangan heran jika saat ini banyak perusahaan konvensional mulai melirik pangsa pasar online guna meraup keuntungan besar, salah satunya menjual produk atau sekedar beriklan jasa diberbagai media sosial. 

Diprediksi, kedepannya bisnis periklanan digital akan mampu mengalahkan jenis periklanan sepanduk di pinggir jalan dan di televisi. Alasan mengapa iklan digital semakin populer, karena sistemnya yang lebih efektif, murah, dan terukur sesuai dengan target market yang diincar.

14. Menjajal Bisnis Fotografi

Model bisnis ini terbilang masih baru dan unik. Uniknya karena hanya memerlukan ide sederhana saja, namun hasilnya cukup berpeluang lebar. Hasil jepretan foto tersebut bisa dijual ke berbagi media online, biasanya pembelinya berasal dari pemilik website yang menginginkan gambar tertentu untuk dijadikan latar belekang situsnya. Dengan tujuan menghemat waktu, mereka akhirnya mencari gambar yang bisa dia beli melalui internet. Nah, dikarenakan dewasa ini memang era digital, di mana orang-orang yang mengembangkan website semakin banyak, maka bisnis jual beli foto ini pun secara otomatis ikut terseret naik.

Peluang bisnis semacam ini sangat cocok bagi Anda menikmat seni di bidang fotografi. Fotografer profesional atau pun amatir bisa meraup untuk banyak dari bisnis ini karena mereka bisa mendapatkan penghasilan secara pasif dengan cara menjajakan foto yang mereka tangkap dengan kamera mereka. Beberapa tempat yang direkomendasikan untuk mengembangkan bisnis ini yaitu istockphoto.com, dan shutterstock.com.

15. Penyedia Jasa Penerjemah

Bisnis ini memang tidak memerlukan modal, namun hanya terbatas bagi orang yang menguasai bahasa asing sesuai bidangnya saja. Dikarenakan semakin banyak materi-materi pelajaran menggunakan bahasa asing seperti bahasa inggris, jepang, maupun perancis. Target konsumer anda tentu mereka yang dituntut untuk mengerti bahasa-bahasa tersebut, namun minim kemampuan; biasanya pelajar, mahasiswa, atau dosen sekalipun bisa dijadikan taret dengan buku-buku teori atau diktat berbahasa inggris yang kemudian harus diterjemahkan untuk keperluan penelitian, analisa dan sebagainya. Hal ini menjadi peluang besar bagi Anda yang tertarik menekuni bidang usaha jasa penerjemah.

Peluang bisnis online mana yang terbaik untuk Anda?

Demikian 15 peluang usaha online untuk Anda coba sekarang juga. Dari ke lima belas peluang usaha tersebut bisa dijadikan sebagai sampingan di awal, namun pada akhirnya aka nada satu usaha sebagai penghasilan utama.

Mana yang menarik minat Anda?

Ada masukan ide bisnis lainnya?

Jangan sungkan tinggalkan komentar ide bisnis yang ingin anda jalani atau bisnis yang sedang anda nikmati prosesnya. Siapa tahu akan bermanfaat bagi mereka di luar sana… 
Selamat mencoba!


Notes: Artikel Peluang Usaha Online ini di kunjungi berdasarkan kata kunci : bisnis jaringan, pemasaran jaringan, peluang bisnis online terbaru, bisnis tanpa modal, usaha tanpa modal, usaha sampingan tanpa modal, contoh usaha tanpa modal, bisnis anak sekolah tanpa modal, wirausaha, peluang usaha tanpa modal, bisnis menggiurkan, bisnis pelajar tanpa modal, usaha yang menggiurkan, .